Senin, 30 Mei 2016

Interaksi Manusia dan Komputer



Konsep Interaksi Manusia dan Komputer

*Ilmu interaksi Manusia dan Komputer
Ilmu interaksi Manusia dan Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang mendesain,mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer interktif. Sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

*Defenisi interaksi
Interaksi adalah perilaku atau perbuatan yang dilakukan objek tertentu dengan menjalin hubungan dua arah dengan objel lain

*Defenisi Interaksi Manusia dan Komputer
Hubungan dua arah yang dilakukan manusia dan komputer untuk tujuan tertentu dengan status hubungan dimediasi dengan analog yang bersifat timbal balik.

*Prinsip kerja komputer
Prinsip kerja komputer terdiri dari:
Masukan======> Proses=====>Keluaran
Masukan ,dilakukan oleh manusia lewat perangkat. Masukan berupa huruf dan angka,yang kemudian diolah komputer dengan hasil keluaran sesuai keinginan manusia.

*Model dan Jenis Interaksi Manusia dan Komputer

#Command Line interface
Contoh: Unix,Linux,Dos
#Menu
Contoh: Seluruh menu yang ada pada setiap aplikasi komputer
#Natural Language
Contoh: Bahasa pemograman terstuktur
#Question and Answer and Query Language
Contoh: Mysql,dbase,Interaktis dst.
#Form
Contoh: Excwl,Acces,Explorer,Lotus dll
#WIMP   
-Windows Icon Menu Pointer
-Wimdows Icon Mouse Pulldown Menu
Contoh: Scroll Bar,text box,combo box,list view, table,palletes etc.


*Menu untuk mendesain interface, Disiplin ilmu dasar yang kita miliki adalah:
~Ilmu komputer dan Teknik Elektro
~Psikolog
~Perancang Gtrafis dan tifografi
~Ergonimik
~Antropologi
~Sosiologi

 *Prinsip Utama mendesain Antarmuka(Interface):
~User Compatibility
~Product Compatibility
~Task Compatibility
~Work flow Compatibility
~Consistecy
~Familiarity and Simplicity
~Direct Manipulation
~Control
~WYSWYG(What You See What You Get)
~Responsivenees
~Protection
Faktor-faktor IMK
Faktor Manusia
Tiga faktor utama sistem komputer yaitu Hardware,Software dan Brainware.
Ketika membangun IMK aspek manusia harus terpikirkan dengan matang tidak hanya memikirkan aspek teknis dari sistem komputer saja . namun bagaimana manusia menangkap data/informasi,bagaimana memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
Manusia dipandang sebagai sistem pemproses informasi
~Informasi yang didapat/ditangkap melalui Input-Output(Indra)
~Informasi disimpan pada ingatan(memori)
~Informasi diolah dan diaplikasikan dalam berbagai cara.
Kapasitas manusia dalam mengolah data/informasi memiliki reaksi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya,maka faktor inilah yang harus diperhatikan dalam merancang interface.

Saluran Input-Output
Indra yang berhubungan dengan IMK:

*Indra Penglihatan
-Faktor-faktor Indra Penglihatan
Beberapa hal yang mempengaruhi mata menangkap informasi/data:
~Luminance
~Kontras
~Kecerahan
~Sudut dan Ketajaman Penglihatan
~Medan penglihatan
~warna(Aspek=Psikologi,Perceptual,Kognitif)

*Faktor Indra Pendengaran
~Suara adalah salah datu elemen untuk menyebarkan informasi yang secara lengkap lewat proses pendengaran
~Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang dimediasi oleh suara
~Batas pendeteksian suara oleh manusia=20Hz-20kHz

*Faktor Indra Sentuhan
~Kulit adalah indra yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk mengenali lingkungan dari sentuhan
~Sentuhan di kaitkan dalam bentuk media input maupun output
~Feedback sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyaji dan pengolahan informasi tetapi lebih sebagai perangkat pendukung.

Memori Manusia
Digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi dan dapat disajikan dalam bentuk ingatan
Tiga jenis fungsi memori
~Tempat penyaring(Sensor)
~Tempat memproses ingatan(Jangka pendek)
~Tempat memproses ingatan(Jangka Panjang)
                                          
                                    
Sensor Memori
-Iconic         Perlihatkan                                           Pengulangan
-Echonic ===========>Memori Jangka Pendek =========>Memori Jangka Panjang
-Haptik

2.Perintah alami berbasis tunggal salah satunya adalah bahasa sinteks yaitu SQL(Structured Query Language) yaitu bahasa yang digunakan untuk mengolah basis data
~Perintah membuat database baru CREATE DATABASE nama.database;
~Memiliki database yang digunakan USE nama.database;
~Menampilkan seluruh database yang ada pasa server SHOW DATABASES
~Membuat tabel baru CREATE TABLE nama_tabel(“kolom 1”,”kolom 2”,”kolom 3”,”kolom _n”);
~Melihat isi tabel
        SELECT*FROM nama_tabel;
~Melihat struktur tabel
        DESC nama_tabel; atau DESCRIBE nama_tabel;
~Memasukkan data ke dalam tabel INSERT INTO nama_tabel(kolom 1,kolom_n) VALUE (“Data   1”,”Data_n”)


 Ragam dialog
*Dialog Berbasis Form(Borang)
Jenis ragam dialog ini sering digunakan manusia pada saat berinteraksi dengan komputer seperti pada saat menampilkan data,memasukkan data dan memproses data.
Form/Borang yang berbasis grafis memiliki beberapa komponen antara lain
Label
Berfungsi untuk memberikan keterangan terhadap beberapa komponen yang ada pada form
Textbox
Komponen ini bisa berfungsi sebagai tempat memasukkan data atau menampilkan data
Combobox
Komponen ini berfungsi untuk menampilkan data tunggal dari banyak pilihan yang ada
List box
Komponen ini digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia,yang dapat dipilih oleh pengguna
Spinbox
Komponen ini digunakan untuk menampilkan data bertipe numeric dengan menambahkan dan mengurangi nilai tertentu.
Checkbox
Komponen ini digunakan untuk jenis data pilihan yang hanya dapat dipilih satu jenis data saja.
Radio button
Komponen ini digunakan untuk jenis data pilihan yang hanya dapat dipilih satu jenis.
Scrollbar
Komponen ini digunakan untuk menggeser tampilan form/data,baik secara vertikal maupun horizontal
Button
Komponen ini berfungsi untuk melaksanakan beberapa perintah proses ataupun satu proses saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar