*Ilmu
interaksi Manusia dan Komputer
Ilmu interaksi Manusia dan Komputer adalah ilmu yang
mempelajari tentang mendesain,mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem
komputer interktif. Sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
*Defenisi
interaksi
Interaksi
adalah perilaku atau perbuatan yang dilakukan objek tertentu dengan menjalin
hubungan dua arah dengan objel lain
*Defenisi
Interaksi Manusia dan Komputer
Hubungan
dua arah yang dilakukan manusia dan komputer untuk tujuan tertentu dengan
status hubungan dimediasi dengan analog yang bersifat timbal balik.
*Prinsip
kerja komputer
Prinsip kerja komputer terdiri dari:
Masukan======> Proses=====>Keluaran
Masukan ,dilakukan
oleh manusia lewat perangkat. Masukan berupa huruf dan angka,yang kemudian
diolah komputer dengan hasil keluaran sesuai keinginan manusia.
*Model dan Jenis Interaksi Manusia dan Komputer
#Command Line interface
Contoh: Unix,Linux,Dos
#Menu
Contoh: Seluruh menu yang ada pada setiap aplikasi komputer
#Natural Language
Contoh: Bahasa pemograman terstuktur
#Question and Answer and Query Language
Contoh: Mysql,dbase,Interaktis dst.
#Form
Contoh: Excwl,Acces,Explorer,Lotus dll
#WIMP
-Windows Icon Menu Pointer
-Wimdows Icon Mouse Pulldown Menu
Contoh: Scroll Bar,text box,combo box,list view, table,palletes etc.
*Menu untuk mendesain interface, Disiplin ilmu dasar yang
kita miliki adalah:
~Ilmu komputer dan Teknik Elektro
~Psikolog
~Perancang Gtrafis dan tifografi
~Ergonimik
~Antropologi
~Sosiologi
*Prinsip Utama mendesain Antarmuka(Interface):
~User Compatibility
~Product Compatibility
~Task Compatibility
~Work flow Compatibility
~Consistecy
~Familiarity and Simplicity
~Direct Manipulation
~Control
~WYSWYG(What You See What You Get)
~Responsivenees
~Protection
Faktor-faktor IMK
Faktor Manusia
Tiga faktor utama
sistem komputer yaitu Hardware,Software dan Brainware.
Ketika membangun
IMK aspek manusia harus terpikirkan dengan matang tidak hanya memikirkan aspek
teknis dari sistem komputer saja . namun bagaimana manusia menangkap
data/informasi,bagaimana memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
Manusia dipandang
sebagai sistem pemproses informasi
~Informasi yang didapat/ditangkap melalui
Input-Output(Indra)
~Informasi disimpan pada ingatan(memori)
~Informasi diolah dan diaplikasikan dalam berbagai cara.
Kapasitas manusia
dalam mengolah data/informasi memiliki reaksi yang berbeda-beda satu dengan
yang lainnya,maka faktor inilah yang harus diperhatikan dalam merancang
interface.
Saluran Input-Output
Indra yang
berhubungan dengan IMK:
*Indra Penglihatan
-Faktor-faktor
Indra Penglihatan
Beberapa hal yang mempengaruhi
mata menangkap informasi/data:
~Luminance
~Kontras
~Kecerahan
~Sudut dan Ketajaman Penglihatan
~Medan penglihatan
~warna(Aspek=Psikologi,Perceptual,Kognitif)
*Faktor Indra Pendengaran
~Suara adalah salah datu elemen untuk menyebarkan
informasi yang secara lengkap lewat proses pendengaran
~Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang
dimediasi oleh suara
~Batas pendeteksian suara oleh manusia=20Hz-20kHz
*Faktor Indra Sentuhan
~Kulit adalah indra yang dimiliki manusia yang berfungsi
untuk mengenali lingkungan dari sentuhan
~Sentuhan di kaitkan dalam bentuk media input maupun
output
~Feedback sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyaji
dan pengolahan informasi tetapi lebih sebagai perangkat pendukung.
Memori Manusia
Digunakan sebagai
tempat penyimpanan informasi dan dapat disajikan dalam bentuk ingatan
Tiga jenis fungsi
memori
~Tempat penyaring(Sensor)
~Tempat memproses ingatan(Jangka pendek)
~Tempat memproses ingatan(Jangka Panjang)
Sensor Memori
-Iconic Perlihatkan Pengulangan
-Echonic ===========>Memori Jangka Pendek =========>Memori Jangka Panjang
-Haptik
2.Perintah alami berbasis
tunggal salah satunya adalah bahasa sinteks yaitu SQL(Structured Query
Language) yaitu bahasa yang digunakan untuk mengolah basis data
~Perintah
membuat database baru CREATE DATABASE nama.database;
~Memiliki
database yang digunakan USE nama.database;
~Menampilkan
seluruh database yang ada pasa server SHOW DATABASES
~Membuat
tabel baru CREATE TABLE nama_tabel(“kolom 1”,”kolom 2”,”kolom 3”,”kolom _n”);
~Melihat
isi tabel
SELECT*FROM
nama_tabel;
~Melihat
struktur tabel
DESC nama_tabel;
atau DESCRIBE nama_tabel;
~Memasukkan
data ke dalam tabel INSERT INTO nama_tabel(kolom 1,kolom_n) VALUE (“Data
1”,”Data_n”)
Ragam dialog
*Dialog
Berbasis Form(Borang)
Jenis ragam dialog ini sering digunakan manusia pada saat
berinteraksi dengan komputer seperti pada saat menampilkan data,memasukkan data
dan memproses data.
Form/Borang yang berbasis grafis memiliki beberapa
komponen antara lain
Label
Berfungsi untuk
memberikan keterangan terhadap beberapa komponen yang ada pada form
Textbox
Komponen ini bisa
berfungsi sebagai tempat memasukkan data atau menampilkan data
Combobox
Komponen ini
berfungsi untuk menampilkan data tunggal dari banyak pilihan yang ada
List
box
Komponen ini
digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia,yang dapat dipilih
oleh pengguna
Spinbox
Komponen ini
digunakan untuk menampilkan data bertipe numeric dengan menambahkan dan
mengurangi nilai tertentu.
Checkbox
Komponen ini
digunakan untuk jenis data pilihan yang hanya dapat dipilih satu jenis data
saja.
Radio
button
Komponen ini
digunakan untuk jenis data pilihan yang hanya dapat dipilih satu jenis.
Scrollbar
Komponen ini
digunakan untuk menggeser tampilan form/data,baik secara vertikal maupun
horizontal
Button
Komponen ini
berfungsi untuk melaksanakan beberapa perintah proses ataupun satu proses saja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar